5 Pertanyaan Besar Sebelum Beli Rumah, Jangan Sampai Menyesal



Setiap orang pastinya mendambakan bisa memiliki rumah impian. Di rumah tersebut, mereka bisa melakukan banyak hal, seperti berkumpul dengan keluarga.

Namun, harga rumah saat ini cukup tinggi. Harga satu unit rumah puluhan juta rupiah, ratusan juta rupiah, bahkan hingga miliaran rupiah. Makanya, tak jarang orang-orang menabung terlebih dahulu untuk membeli rumah, terutama untuk membayar uang muka (down payment/DP) rumah.

Membeli rumah pun harus memiliki pertimbangan yang matang. Selain mencegah adanya kekecewaan setelah membeli rumah, pertimbangan-pertimbangan tersebut juga bisa menyelamatkan "kantong" dari kebangkrutan.

Berikut ini adalah lima hal yang bisa ditanyakan kepada diri sendiri sebelum membeli rumah, dilansir dari Business Insider.

1. Berapa banyak uang yang dihasilkan dan dikeluarkan setiap bulan?

Chief Executive Officer Alabama's Lake Home Realty, Glenn Phillips, mengatakan anggaran kredit rumah yang disarankan sebaiknya tidak lebih dari 28 persen dari total pendapatan per bulan. Phillips mengatakan hendaknya masyarakat mengetahui seberapa besar pengeluaran mereka setiap bulan.
"Jika tahu berapa banyak pengeluaran setiap bulan, akan terlihat pula seberapa besar anggaran untuk kredit rumah," kata dia.

2. Seberapa terampil saya?

Sebenarnya tak masalah membeli rumah yang harganya murah jika seseorang itu berbakat untuk mereparasi. Dengan kemampuannya itu, rumah pun bisa dihias sesuai dengan keinginannya. Tapi, ingat, biaya dekorasi rumah bisa membuat pengeluaran menjadi berlebih.
"Jika saya membeli rumah dan rumah tersebut harus diubah, apakah biayanya sesuai dengan bujet," kata Co-Founder of Digital Management Site of HomeZada, John Bodrozic.

3. Apakah saya mampu membayar biaya perawatan bulanan?

Masalah rumah tak hanya sekadar pada biaya membeli rumah, tapi juga biaya perawatan. Rumah yang sudah ditempati tentunya juga memerlukan perawatan dan perawatan itu memerlukan dana tersendiri. Misalnya, biaya mengganti atap yang bocor.


4. Seberapa besar kesanggupan saya mengajukan kredit?

Kemampuan Anda untuk berutang akan berpengaruh terhadap kredit yang akan didapatkan. Jika Anda memiliki penilaian kredit yang cukup baik, tak tertutup kemungkinan akan mendapat suku bunga kredit pembiayaan rumah yang rendah.


5. Seberapa lama saya tinggal di rumah?

Jika ingin tinggal di rumah kurang dari lima tahun, membeli rumah bukanlah keputusan yang tepat. Dalam lima tahun, harga rumah yang dibeli tidaklah begitu menarik jika untuk dijual kembali.
"Jika Anda tahu akan pindah daerah dalam waktu dua tahun, membeli rumah bukanlah solusi yang tepat," kata seorang agen real estate Atlanta Cityside. (Ism) 



sumber : dream.co.id